Jumat, 11 Januari 2019

PROFIL LENGKAP PENGUJIAN KADAR KALSIUM LABORATORIUM PAKAN TERNAK DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BLITAR


Pengertian Kalsium (Ca)
Ca  merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh dan merupakan komponen paling penting dalam tulang dan gigi. Ca dalam tulang dan gigi terdapat sampai sebanyak 99 % dari total keseluruha. Ca yang ada dalam tubuh, sedang sisanya terdapat dalam cairan dan jaringan serta organ tubuh lainnya. Pada plasma hewan mamalia mengandung 8 -12 mg Ca per 100 cc, sedang plasma pada ayam petelur mengandung Ca lebih banyak. Kalsium atau fosfor berhubungan erat terutama perannya dalam pembentukan tulang.

Kalsium juga essensial dalam pembekuan darah, dibutuhkan bersama dengan kalium dan Natrium untuk denyut jantung normal dan juga berhubungan dalam menjaga keseimbangan asam dan basa. Kalsium merupakan bagian essensial dalam saluran tubuh, namun mineral kalsium lebih terkonsentrasi dalam darah. Ca adalah unsure kelima terbanyak dalam tubuh dan merupakan kation yang terbanyak. Analisa kalsium digunakan untuk menentukan atau mengetahui kadar kalsium (Ca) dalam bahan pakan. Metode Titrimetri adalah suatu cara analisis yang berdasarkan pengukuran volume larutan yang diketahui konsentrasinya secara teliti (titran/penitar/larutan baku ) yang direaksikan dengan larutan sampel yang akan ditetapkan kadarnya.)

Kegunaan dan Manfaat Pengujian
Pengujian kalsium berguna untuk menentukan atau mengetahui kadar kalsium (Ca) yang terdapat dalam bahan pakan. Kalsium sendiri berfungsi untuk membangun dan memperkuat tulang, gigi dan jaringan ikat. Selain itu kalsium juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan memalui perannya dalam pembentukan hormon dan enzim. Fungsi lainnya adalah menyampaikan pesan listrik yang diperlukan dalam kontraksi otot jantung dan otot lainnya di seluruh tubuh, membantu proses pembekuan darah saat luka, serta mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan kanker usus besar. Kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang, hampir seluruh kalsium dalam tubuh kita terdapat pada tulang dan gigi, selebihnya terdapat dalam aliran darah. kekurangan kalsium akan menyebabkan penyakit osteoporosis, yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh karapuhan tulang. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apakah pakan tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan. Apabila kadarnya dibawah standar, maka sistem pencernaan pada ternak tidak akan berlangsung secara baik.


Pengujian
:
Kadar Kalsium (Ca)
Metode yang digunakan
:
Metode Titrimetri
Bahan Acuan
:
AOAC, 2012 Bab 4 hal.31    
Lama Pengujian
:
3 hari
Total Waktu Pengujian
:
6 hari (termasuk 3 hari lama pengujian hingga hasil analisa diterima konsumen)
Jumlah Sampel Minimal
:
Sampel Kering                                    = 250 gr
Sampel Basah                                      = 1.000 gr
Sampel Setengah Basah                      = 1.000 gr
Sampel Hijauan                                   = 1.000 gr
Sampel Cair (Molases, CPO, dll)        = 250 ml
Harga
:
Rp 60.000,-
( Pengawas Mutu Pakan ternak Ahli Pertama # Priya Anugera S, S.Pt )


Tidak ada komentar:
Write comments