Rabu, 02 Oktober 2019

Teknik Memelihara Pedet yang Baik dan Benar


Pedet adalah sebutan bagi anak sapi ternak dari mula lahir sampai pada usia lebih kurang delapan bulan. Untuk menyambut kelahiran pedet ini, induk sapi akan beristirahat dari diperahkan sapinya, guna supaya dia bisa berikan pedetnya itu susu. Apatah lagi, susu dari induk kepada pedet itu penting, karena mengandungi antibodi guna menjaga kekebalan tubuh pedet. 

Tujuan dari pemeliharaan pedet yaitu :
1.      Membuat calon induk sapi sehat dan kuat.
2.      Mendapatkan sapi perah yang baik keadaannya, agar mampu mengkonsumsi hijauan dan konsentrat dengan baik.
3.      Mempersiapkan sapi agar mempunyai masa hidup yang baik.
4.      Mengusahakan  agar  calon  induk  ini dapat  melahirkan  pertama  kali  pada  umur  2 sampai 2,5 tahun.

Pemberian Susu :
Pada umur 2-3 minggu diberikan susu sekitar 5 liter kemudian umur 4-6 minggu diberikan 6 liter, 7-8 minggu 5 liter, umur 9 minggu 4 liter, umur 10- 11 minggu 3 liter, umur 12 minggu 2 liter sampai umur 3 bulan. Setelah 3 bulan pemberian susu dihentikan. Pemberian susu dilakukan 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Pemberian Pakan dan Minum :
Pada umur 3 minggu pedet sudah mulai belajar memakan rumput , konsentrat dan disediakan air minum. Pada umur 1-1,5 bulan pedet sudah terbiasa mengkonsumsi rumput dan konsentrat. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Kandang Pedet :
Pedet ditempatkan di kandang sendiri, tidak dicampur dengan pedet yang lain sampai umur 3 bulan. Kandang pedet harus selalu bersih, kering, cukup sinar matahari dan sirkulasi udaranya baik. Kandang diberi alas jerami yang kering dan bersih. Selanjutnya pedet dipelihara di kandang koloni.

Tidak ada komentar:
Write comments