Senin, 11 Februari 2019

Manajemen Kambing Pada Waktu Musim Penghujan


Pentingnnya menjaga kenyamanan dan kesehatan Kambing saat musim penghujan datang. Musim penghujan bisa menjadi waktu yang menegangkan bagi ternak. Sebagai peternak, kita perlu membantu mengurangi stress dengan memberikan perawatan yang tepat, pemberian makan, dan penerapan manajemen. Penyesuaian penerapan manajemen akan membantu memastikan bahwa kambing di peternakan  akan berkembang selama bulan-bulan pada musim penghujan.


Kambing tidak membutuhkan perkandangan yang rumit selama musim penghujan. Masalah paling penting mengenai perkandangan adalah untuk meredam angin/udara dan air pada saat hujan dan untuk menjaga kambing tetap kering. Kambing yang dirawat dengan baik akan memiliki bulu tebal yang membantu kambing bertahan di musim penghujan dengan perkandangan yang sederhana. Perkandangan yang memberikan perlindungan dari angin dan air hujan namun memungkinkan banyak ventilasi untuk menjaga kelembaban. Pastikan ada banyak tempat tidur yang bersih dan kering. Anak Kambing membutuhkan lebih banyak tempat berlindung karena tidak dapat menjaga suhu tubuh mereka dari cuaca di luar kandang. Lampu yang menimbulkan panas atau pemanas  mungkin diperlukan dalam situasi angin dan suhu dingin berhembus, namun boleh digunakan dengan sangat hati-hati karena risiko kebakaran atau hewan mengunyah kabel listrik. Alangkah baiknya bila kandang memiliki pengontrol suhu elektronik sehingga pada saat suhu terlalu dingin dapat di lakukan tindakan pencegahan.

Memberi makan dan memandikan  kambing di musim penghujan membutuhkan perencanaan yang lebih daripada selama musim panas yang lebih hangat. Selama musim penghujan, kambing membutuhkan lebih banyak energi untuk membantu menjaga suhu tubuh. Mereka juga membutuhkan serat yang didapat dari leguminosa atau rumput. Leguminosa Kering dapat menjadi sumber energi dan protein.

Kutu lebih banyak ditemukan pada kambing selama musim penghujan. Mereka dapat mengiritasi kambing dan dalam beberapa kasus, infeksi berat dapat menyebabkan anemia, bulu rusak serta menurunkan performen kambing. Perlunya SOP perawatan untuk peternakan  kambing dalam hal mengendalikan kutu dan parasit lainnya.

Dengan perencanaan  sebelumnya dapat membantu ternak kambing anda dapat bertahan hidup serta berkembang pada waktu musim penghujan. Sebagai peternak harus juga memahami peran teknologi dalam hal meminimalisir terjadinya resiko-resiko yang di akibatkan karena adanya musim penghujan.
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:
Write comments